Rabu, 10 Agustus 2011

Ternak Hamster

Memelihara hamster kata nya susah, "Dua membeli hamster mati semua". Itu yang dikatakan Alfan teman saya.

Saya sendiri tidak merasa susah merawat hamster. Awal nya saya beli hamster jantan dan betina warna coklat hitam dan putih hitam (Golden). Pasangan hamsterku kini sudah beranak melahirka 6 ekor, Pas ketahuan melahirkan, beberapa bayi hamster sudah dimakan oleh induknya. Ada 4 kepala bayi hamster yang tergeletak di tengah kandang. Saat itu saya belum tahu bagaimana cara merawatnya.

Saya langsung konsultasi dengan penjualnya. Kata dia, kalau induknya stres memang suka memakan bayinya. Saran dia, langkah awal pisahkan dulu dari induknya yang jantan. Lalu saya beli satu kandang lagi, aquarium ikan hias yang ukurannya kira-kira panjang 40cm lebar 30cm dan tinggi 25 cm.

Induk betina beserta 4 ekor anaknya yang tersisa saya pisahkan ke kandang baru itu. Saya beri potongan kain dan makanan yang cukup untuk beberapa hari. Saya letakkan di pojok rumah dan saya tutup luarnya dengan kain lebar, biar suasanya gelap seperti di terowongan sesuai kehidupan aslinya.
 

Beberapa hari kemudian saya tengok, anaknya tinggal 2 ekor. Dua ekor ini , satu jantan dan satu betina, kemudian tumbuh besar hingga sekarang. 
Saat ini ada 15 hamster yang lucu-lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar